Selasa, 16 Februari 2016

Tugas Komunikasi Data



TUGAS
*    Dibawah ini adalah beberapa aplikasi dari komunikasi data dan kegunaannya.
1.      Surat Elektronik (E- Mail)
Email adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Email dari mulai ditulis, dikirim, hingga diterima dan dibaca semuanya ditangani secara elektronis. Umumnya email dibuat (atau ditulis) menggunakan Mail User Agent (MUA) lebih umum dikenal sebagai Email client), kemudian proses pengiriman ditangani oleh Mail Transfer Agent (MTA) yang sering juga disebut sebagai mail server. MUA juga digunakan untuk membuka dan membaca email kembali.
Ø  Metode pengiriman E-mail
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3. Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima.
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).
2.      Hotel reservation system
Hotel sistem reservasi dengan perbedaan. Mengapa tetap gundukan dokumen ketika Anda dapat memiliki akses ke software yang paling ideal yang akan melakukannya untuk Anda?
GoReserva Reservasi Hotel adalah sebuah software hotel sistem yang dirancang untuk menyederhanakan proses pemesanan dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan dengan menjalankan bisnis Anda.
Ø  GoReserva akan melacak tren pelanggan dan lebih penting membantu menjaga pelanggan tetap. Anda dapat menganalisis tren pemesanan, penilaian dan komentar saat bekerja terhadap kebutuhan masa depan Anda.
3.      Traffic control system
Sistem Pengendalian Lalu Lintas (TCS) telah beroperasi selama kurang lebih sembilan tahun di dalam dan sekitar wilayah Christchurch. Timprofesional kami secara konsisten mengembangkan produk dan layanan baru dan selalu terbuka untuk ide-ide baru. Kami berusaha untuk set-up kemitraan dengan mitra industri untuk mengembangkan produk baru dan teknologi untuk pasar Selandia Baru dan seterusnya.
Ø  Sistem Pengendalian Lalu Lintas yang difokuskan pada penyediaan solusi total untuk Lalu Lintas, Parkir & Video yang menggunakan teknologi paling canggih terbaru yang tersedia dalam rangka untuk menyediakan solusi manajemen lalu lintas yang efisien dan dapat diandalkan untuk aplikasi apapun. Pada sistem kontrol lalu lintas kita memahami bahwa layanan efisien, cepat bersama dengan kualitas pengerjaan sangat penting untuk sifat bisnis.
-Tersedia perusahaan dibagi menjadi tiga divisi:
Lalu Lintas divisi
Parkir divisi
Video divisi
=>Pembagian dipecah:
=
èLalu Lintas divisi
Layanan dan mempertahankan komputer beberapa lalu lintas 235 kontrol pada 7day 24 jam secara minggu di dan di sekitar wilayah Christchurch. Selain itu Menyediakan, layanan dan mempertahankan berbagai macam peralatan kontrol lalu lintas. Menyediakan total paket dari Instalasi, Layanan & Supply. =
èParkir divisi
Solusi parkir total manajemen kami memastikan fasilitas parkir Anda selalu disimpan dalam kondisi prima dan setiap kesalahan atau kegagalan yang ditangani dalam waktu sesingkat mungkin.
=èVideo divisi
Menyediakan solusi total manajemen lalu lintas video. Ini termasuk manajemen proyek total dari Instalasi, Layanan & Supply. Solusi yang dapat disesuaikan dengan aplikasi apapun. Menyediakan sistem video untuk di jalan dan pengawasan area publik dan pemantauan.
4.      Police Emergency System
server host yang terdiri dari modul komunikasi nirkabel, sebuah sistem, database dan sebuah microprocessor; kata host server yang menerima sinyal dari kartu magnetik dan hakim sumber sinyal, dan polisi-sistem darurat polisi-warga sambungan menerima sinyal dari kata host server dan menghubungkan dengan polisi segera bagi polisi untuk pergi di tempat kejadian dalam waktu cepat, alat identifikasi kata kartu magnetis digunakan sebagai identifikasi pengguna, ketika ada peristiwa darurat terjadi, pengguna-down menekan tombol darurat dan tombol konfirmasi bersamaan untuk menghasilkan sinyal dan sinyal yang akan diteruskan ke host server melalui komunikasi nirkabel modul.
Ø  1.komunikasi nirkabel kata modul server menerima sinyal yang berasal dari kartu magnetik dan mengirimkan sinyal ke mikroprosesor, mengatakan prosesor membandingkan data dalam database untuk menilai apakah sumber sinyal sesuai dengan data dalam database, jika ya, kata sinyal ditularkan oleh kata host server ke polisi segera untuk polisi tiba di tempat kejadian di mana kejahatan terjadi.
2. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca bar-code oleh bar-code scanner
3. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang merupakan bar elektronik.
4. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana alat identifikasi kata kartu magnetik mencapai ID identifikasi melalui cara membaca kode bar dengan bar-code scanner yang kartu sirkuit terpadu (IC) kartu.
5. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana jalan transmisi frekuensi radio (RF) untuk pengiriman modul komunikasi nirkabel dari kartu magnetik dan host server.
6. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana jalan transmisi pengiriman Bluetooth untuk komunikasi nirkabel modul dari kartu magnetik dan host server.
7. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana rangkaian kontrol kata kartu magnetik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, kata mana tombol darurat dan mengkonfirmasi tekan tombol adalah alat yang digunakan untuk memicu sinyal untuk rangkaian kontrol dan mengirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
8. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana rangkaian kontrol kata kartu magnetik terdiri dari tombol darurat dan sebuah tombol konfirmasi, di mana kata darurat tombol dan tombol mengkonfirmasi film tipis perangkat yang digunakan untuk memicu sinyal ke rangkaian kontrol dan mengirimkan sinyal ke host server melalui rangkaian kontrol.
9. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, di mana suara-alat cahaya kata kartu magnetik LED yang digunakan untuk menunjukkan kondisi daya baterai.
10. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, di mana suara-alat cahaya kata kartu magnetik adalah lebah-sounder yang digunakan untuk membuat kebisingan dan mengingatkan kondisi daya baterai.
11. Polisi-sistem darurat sebagaimana dimaksud dalam klaim 1, dimana sistem server host menggunakan mikroprosesor untuk menangkap data di dalam database dan mengirimkan sinyal ke kartu magnetik melalui modul komunikasi nirkabel, kontrol rangkaian kata kartu magnetik akan menghasilkan sinyal respons secara otomatis, kata sinyal ditransmisikan ke host server melalui komunikasi nirkabel modul, kata mikroprosesor dari server host akan membandingkan sinyal dengan data dalam database dan mengirimkan data ke sistem absen untuk mengelola kondisi yang tidak hadir staf.
5.      Airline seat reservation system
Sebuah sistem reservasi maskapai penerbangan merupakan bagian dari apa yang disebut sistem layanan penumpang ( PSS ), yang merupakan aplikasi pendukung kontak langsung dengan penumpang. Maskapai penerbangan sistem reservasi (ARS) adalah [ kapan? ] salah satu perubahan paling awal untuk meningkatkan efisiensi. ARS akhirnya berkembang menjadi sistem komputer pemesanan (CRS). Sebuah sistem reservasi komputer digunakan untuk pemesanan dari maskapai penerbangan tertentu dan interface dengan sistem distribusi global (GDS) yang mendukung agen-agen perjalanan dan saluran distribusi lainnya dalam membuat pemesanan untuk sebagian besar maskapai penerbangan utama dalam satu sistem.

Airline pemesanan sistem mengandung jadwal penerbangan, tarif tarif , penumpang reservasi dan tiket catatan. Distribusi langsung sebuah maskapai penerbangan bekerja dalam sistem reservasi mereka sendiri, serta mendorong keterangan kepada GDS. Tipe kedua dari saluran distribusi langsung adalah konsumen yang menggunakan internet atau aplikasi mobile untuk membuat reservasi mereka sendiri. Agen perjalanan dan lainnya saluran distribusi tidak langsung mengakses GDS sama seperti yang diakses oleh sistem reservasi maskapai penerbangan ', dan pesan semua ditularkan oleh sistem pesan standar yang berfungsi pada dua jenis pesan yang mengirimkan pada [jaringan tingkat tinggi] HLN SITA. Jenis pesan disebut Tipe B [TTY] untuk komentar-seperti komunikasi dan Tipe A [EDIFACT] untuk informasi aman. Pesan standar konstruksi yang ditetapkan oleh IATA dan ICAO, bersifat global, dan berlaku untuk lebih dari transportasi udara. Karena sistem reservasi maskapai penerbangan adalah bisnis aplikasi kritis, dan fungsional mereka cukup kompleks, operasi sistem reservasi in-house maskapai penerbangan relatif mahal.

Sebelum deregulasi, maskapai penerbangan yang dimiliki sistem reservasi mereka sendiri dengan berlangganan agen perjalanan mereka. Hari ini, GDS dijalankan oleh perusahaan independen dengan maskapai penerbangan dan agen-agen perjalanan sebagai pelanggan utama. Pada Februari 2009, hanya ada tiga besar penyedia GDS di ruang pasar: Amadeus , Travelport (yang digabung Worldspan dan Galileo sistem), Sabre dan Saham. Ada satu GDS Daerah utama, Abacus, melayani pasar Asia dan sejumlah pemain regional melayani satu negara, termasuk Travelsky (Cina), Infini dan Axess (baik Jepang) dan Topas (Korea Selatan).

Reservasi sistem seperti host Navitaire "tiket kurang" travel seperti AirTran, JetBlue dan sebelumnya host. Virgin America-host oleh iflyRes (Aires), yang merupakan sistem reservasi generasi baru yang dikembangkan dan dioperasikan oleh ibs Layanan Software Pvt. Ltd Virgin America telah memutuskan untuk pindah ke Sabre sekarang.

Dalam tambahan untuk ini "standar" GDS, beberapa maskapai penerbangan memiliki versi berpemilik yang mereka gunakan untuk menjalankan operasi penerbangan mereka. Beberapa contoh dari sistem semacam ini adalah Deltamatic (dibangun dari platform Worldspan) dan SAHAM EDS. Reservasi SITA tetap netral terbesar multi-host sistem reservasi penerbangan, dengan lebih dari 100 maskapai penerbangan saat ini mengelola persediaan.
*      Dampak positif dari komunikasi data dan 5 dampak negatif dari komunikasi data
Ø  Dampak Positif
·         Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan.
·         Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.
·         Kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
·         Sistem administrasi pada lembaga pendidikan akan lebih mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan pendidikan pusat.
·         Munculnya metode pembelajaran yang baru, yang memungkinkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi menciptakan metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak, karena materi dapat dibuat dengan bantuan teknologi abstrak.
·         Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan pos, internet dan lain-lain.
·         Mengurangi lag dalam penggunaan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara berkembang dan negara maju lainnya.
·         Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
·         ICT sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profil lembaga pendidikan yang diakui oleh Pemerintah.
·         Berbagi hasil penelitian, penelitian yang dipublikasikan dalam internet akan mudah digunakan oleh orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cepat.
·         Konsultasi dengan ahli, konsultasi ahli di bidang undangan dapat dilakukan dengan mudah bahkan jika para ahli sangat banyak di tempat.
·         Perpustakaan online, perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
·         Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
·         Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka. “Computer Aided Instruction” telah melihat sedikit peningkatan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar di beberapa daerah. Computer Aided (atau dibantu) Instruksi (CAI), yang umumnya mengacu pada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti sedikit meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan matematika keterampilan atau mata pelajaran lain, meskipun apakah peningkatan ini berkorelasi dengan peningkatan yang signifikan dalam belajar siswa.
·         TIK digunakan dalam mata pelajaran sekolah yang berbeda. Penggunaan ICT untuk simulasi dan pemodelan dalam sains dan matematika telah terbukti efektif, karena memiliki perangkat lunak pengolah kata dan komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa dan kemampuan komunikasi siswa.
·         Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka.

Ø  Dampak Negatif
·         Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
·         Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
·         Cyber Bullying
·         Konten negative yang berkembang pesat
·         Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
·         Menjauhkan yang dekat
·         Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
·         Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna.
·         Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang
*      Kelebihan dan kekurangan
Ø  metode transmisi seri dan paralel
§  transmisi seri adalah tipe pengiriman data dimana dalam satu periode waktu hanya satu bityang disalurkan contoh dalam saluran telephone yang menggunakan kabel, transmisi data antara computer dengan device lain.
ü  kelebihan
hanya menggunakan satu jalur saja sehingga labih mudah dal instalasi  dan lebih ekonomis.
Lebih efektif dibandingkan transmisi data parallel dal komunikasi jarak jauh. Trasnmisi parallel diperluka 8 kali lipat kebutuhan kabel.
ü  Kekurangan
Kecepatan pengiriman data yang lambat karena bit bit dikirim secara berurutan dan tidak serempak.
§  transmisi parallel adalah tipe pengirirman data dimana dalam satu periode waktu beberapa bit (umumnya 8 bit) dalam suatu kode bias bersamaan. Contohnya transmisi data kabel USB.
ü  Keuntungan :
lebih sederhana dal pengiriman
Keserhanaan pemrograman port parallel.
Kecepatan pemrograman lebih tinggi dibandingkan transmisi serial.
ü  Kekurangan :
Memerlukan banyak jalur data tiap pengiriman.
Jarak komunikasi data sangat terbatas

Ø  metode transmisi sinkron dan asinkron
§  Sinkron
ü  Kelebihan
Kecepatan transmisi tinggi, karena sinkronisasi sesaat sebelum pengiriman data yang terdiri dari ribuan bit
ü  Kekurangan
Bila terjadi kesalahan, maka satu blok data akan
Hilang

§  Asinkron

ü  Kelebihan asinkron
-Perbedaan clock pemancar dan penerima tak berpengaruh, karena sinkronisasi dilakukan tiap pengiriman
-Pada saat idle, pengirim mengirimkan arasbiner 1 secara  terus menerus
- Untuk memulai, pengirim mengirimkan arasbiner 0 selama 1 satuan waktu bit
- Bila penerima mendeteksi, clock dijalankan sesuai baud rate
- Setengah bit kemudian saluran disampel 5. Bila di deteksi bit awal maka bit akan disampel tiap 1 bit
ü  Kelemahan asinkron
 -Kecepatan transmisi rendah
 -Transmisi kecepatan rendah
- Pengiriman data dilakukan per karakter, dengan waktu antar karak tertidak tetap
-Perlu sinkronisasi pada awal dan akhir karakter
-Transmisi off (idle) pulsa bernilai 1atau high/mark

Ø  metode transmisi full duplex dan half duplex
§  Full-duplex
Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.
Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda.
ü  Kelebihan Full Duplex :
-Penerima dan pengirim dapat berkomunikasi secara serentak
-Data dapat dikirim dari dua arah pada Transmisi Data
ü  Kelemahan Full Duplex :
-Teknik ini memotong kecepatan transmisi yang terjadi dan mungkin menjadi setengahnya.
§  Half-duplex
Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama.
Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar.
Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar.
Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi “collision” (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.
ü  Kelebihan Half Dupleks :
-Transmisi data dilakukan dalam dua arah,
ü  Kekurangan Half Duplex :
-Tidak dalam waktu yang bersamaan diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar